Mari Membuat Resep Teri Kering Kacang Rasa Pedas!

Bagi Anda yang gemar dengan masakan yang renyah dan ada kriuk-kriuknya Anda bisa mencoba resep teri kering bumbu kacang berikut.

Resep ini memiliki kandungan energi yang cukup besar yaitu sekitar 6.992 kkal dengan kandungan protein sebesar 374 gram. Sangat pas bagi kebutuhan nutrisi harian bagi keluarga Anda.

Kandungan energi dan protein yang cukup tinggi ini berasal dari bahan kacang tanah yang digunakan sebagai pelengkap rasa dan aroma kacang. Penasaran seperti apa rasanya? Mari kita simak. ūüėÄ

Kacang Tanah, Benarkah Penyebab Jerawat?

kacang-tanah

Kacang tanah benarkah penyebab jerawat? – pixabay.com

 

Kacang tanah bagi kebanyakan orang sering dianggap sebagai penyebab utama wajah jerawat.

Hal ini tak lepas dari beberapa kasus yang dilaporkan oleh beberapa orang bahwa setelah mengkonsumsi kacang tanah maka wajah mereka perlahan-lahan mulai berjerawat.

Benarkah hal ini? Apakah ini hanya sekedar mitos?

Sebelum menyimpulkan beberapa hal yang terkait dengan anggapan ini mari kita lihat komposisi yang terdapat dalam kacang tanah.

Dalam setiap 100 gram kacang tanah terdapat energi sebesar 525 kkal, protein 27.9 gram, lemak 42.7 gram, karbohidrat 17.4 gram.

Dari sini dapat kita lihat bahwa lemak merupakan kandungan dengan kadar lebih di antara kandungan lain. Dan hal ini yang bagi beberapa kalangan dianggap sebagai penyebab jerawat.

Akan tetapi, kandungan lemak yang cukup banyak tersebut tidak berpengaruh terhadap tubuh yang sehat dan mempunyai pola makan yang teratur.

Kandungan lain yang bermanfaat yang terdapat dalam kacang tanah adalah kalsium, fosfor, zat besi (zinc), vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.

Manfaat yang bisa didapatkan dari beberapa mineral di atas antara lain mencegah batu empedu, membantu meningkatkan kesuburan, menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

Selain itu kacang tanah juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pompa jantung sehingga sangat disarankan dikonsumsi sebelum memulai latihan beban.

Namun yang perlu diwaspadai adalah kacang tanah tidak dianjurkan bagi mereka yang mengidap penyakit kanker payudara dan yang memiliki masalah dengan wajah terutama jerawat.

Saatnya menyiapkan bahan dan alat untuk memulai membuat resep teri kering kacang rasa pedas.

 

Bahan dan cara membuat teri kering kacang tanah rasa pedas

Berikut adalah bahan-bahan yang dapat Anda persiapkan sebelum Anda mulai membuat resep teri kering kacang tanah rasa pedas.

Bahan-bahan

250 gram teri jengki, bersihkan dan goreng

200 gram kacang tanah, goreng

12 butir bawang merah, iris-iris tipis

5 siung bawang putih, iris-iris tipis

3 cm lengkuas, memarkan

4 lembar daun jeruk, iris-iris tipis

12 buah cabai merah, iris-iris serong

2 sdm air asam

3 sdm gula jawa sisir

75 gram gula pasir

100 ml air

Garam secukupnya

2 sdm minyak goreng

Cara membuat kering teri kacang tanah

1. Tumis bawang merah, bawang putih dan lengkuas hingga tercium aroma harum.

2. Masukkan daun jeruk, cabai merah dan tuang air beserta air asam.

3. Tambahkan gula pasir dan gula jawa, aduk-aduk hingga mendidih.

4. Bumbui dengan garam dan masak hingga sedikit mengental.

5. Masukkan ikan teri dan kacang yang telah digoreng kemudian aduk hingga air habis.

6. Resep kering teri kacang tanah siap untuk dihidangkan.

Itulah cara membuat resep kering teri kacang tanah yang kriuk-kriuk pedas. Resep yang cukup mudah dan murah dalam pembuatannya. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *