Mari Mencoba Resep Bebek Rica-rica Manado Praktis

Anda penyuka kuliner bebek? Bicara resep, bebek bumbu rica-rica biasa disajikan di rumah makan pinggiran maupun hotel berkelas.

Namun kali ini Anda dapat mencobanya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang praktis dan tidak memakan waktu lama untuk membuatnya. Penasaran? Mari kita intip. 😀

Manfaat Resep Bebek Rica Rica

bebek-panggang

Bebek Panggang – pixabay.com

 

Bebek merupakan salah satu daging unggas yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Bebek yang oleh orang Jawa biasa disebut enthok ini memilik rasa daging yang enak tidak kalah dengan daging ayam atau unggas lainnya.

Selain rasanya yang memanjakan lidah, daging bebek juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh antara lain menjaga kinerja otot, menjaga kesehatan fisik dan mental, mencegah anemia, mengobati suara yang serak, membuang gas dalam perut.

Selain itu mengkonsumsi daging bebek secara teratur juga dapat menambah berat badan, mempercantik kulit, menyehatkan rambut, melancarkan sistem saraf, melancarkan sistem pencernaan, menambah vitalitas pada pria, memperbaiki sistem imun dan membantu sistem metabolisme tubuh.

Bebek juga bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, menjaga kestabilan tekanan darah, memenuhi kebutuhan vitamin B12, membantu kerja enzim dalam tubuh, membantu menghangatkan suhu tubuh, memperkuat gigi dan tulang, serta mencukupi kebutuhan protein.

Walaupun harga daging bebek lebih mahal daripada daging ayam, namun banyak penggemar kuliner yang tetap terpikat dengan rasanya.

Jadi tak heran jika kini bermacam-macam olahan daging bebek banyak dijual di pasaran, mulai dari warung kaki lima hingga restauran atau hotel bintang lima.

Daging bebek juga bisa Anda temukan dengan mudah di pasar atau supermarket. Namun, walaupun daging bebek memiliki rasa yang enak dan banyak manfaat, Anda disarankan untuk tidak menkonsumsinya secara berlebihan.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan cara mengonsumsinya, agar tidak terkena virus yang justru bisa membahayakan tubuh Anda.

Resep Bebek dengan Bumbu Rica-rica Aduhai

Ingin mencoba variasi rica-rica menggunakan bebek? Berikut resep bebek rica-rica Manado praktis yang bisa dicoba.

Bahan utama:

1 ekor bebek, potong menjadi 16 bagian ( direndam dengan perasan air jeruk nipis kurang lebih selama 45 menit)

6 buah bawang merah, dirajang

2 batang serai, dimemarkan

10 buah cabai rawit merah

12 buah cabai merah

1 lembar daun pandan

5 lembar daun jeruk

4 cm jahe

1 buah jeruk nipis

7 siung bawang putih

50 ml air

Langkah-langkah membuat bebek rica-rica manado praktis:

1. Bersihkan dan cuci bebek hingga bersih.

2. Haluskan cabai rawit merah, cabai merah, bawang putih, dan jahe.

3. Panaskan minyak goreng untuk menumis.

4. Tumis bawang merah, serai, dan daun pandan hingga berwarna kecoklatan dan beraroma harum.

5. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan bersama daun jeruk. Aduk seluruhnya hingga tercampur rata dan beraroma harum.

6. Masukkan bebek yang telah dipotong-potong. Kemudian aduk bebek hingga berubah warna.

7. Tambahkan air. Lalu masak menggunakan api yang kecil. Masak hingga air mengering. Aduk-aduk bebek sesekali.

8. Tambahkan air jeruk, aduk hingga rata.

9. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

10. Bebek rica-rica khas manado siap disajikan

Saran penyajian menu bebek rica-rica

Anda bisa menggunakan jahe merah daripada jahe putih. Jahe merah memiliki rasa yang sangat berbeda dan lebih enak daripada jahe putih. Anda juga bisa menambahkan daun bawang dan daun kemangi secukupnya sebagai penguat rasa.

Sajikan bebek rica-rica bersama dengan nasi putih hangat bersama dengan sayur. Anda bisa menggunakan sayur kangkung atau sawi. Selain itu, jumlah cabai yang digunakan juga bisa ditambah atau dikurangi. Anda bisa menggunakan cabai rawit hijau agar rasanya bisa lebih pedas.

Itu tadi resep bebek rica-rica Manado praktis yang bisa Anda coba. Anda dapat menggunakan menu ini di acara arisan keluarga atau kantor. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *