Mari Mencoba Resep Ikan Tongkol Goreng Tepung

Resep goreng tepung biasanya digunakan pada bahan daging ayam. Namun dalam resep ini Anda bisa berkreasi dengan ikan tongkol goreng tepung yang tidak kalah rasanya dengan daging lain.

Selain cara pembuatan yang mudah, bahan-bahan untuk membuat resep ini sangat mudah dan gampang ditemukan di pasar-pasar tradisional. Mari kita intip cara membuatnya. 😀

Cara Mengolah Ikan Tongkol

Ikan tongkol segar - pixabay.com

Ikan tongkol segar – pixabay.com

 

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan air asin yang cukup sering digunakan sebagai alternatif masakan sehari-hari. Ikan tongkol biasa ditemui di pasar ikan ataupun supermarket.

Selain ikan tongkol segar, biasanya juga ada ikan tongkol pindang yang merupakan jenis ikan tongkol yang sudah dipotong-potong lebih dahulu lalu dimasak dengan cara dipindang.

Berbagai manfaat dari ikan tongkol bagi tubuh antara lain menjaga kesehatan mata, menyembuhkan penyakit rematik, dapat mencegah anemia, mencegah ejakulasi dini, mencegah kulit kusam, menjaga kesehatan jantung, hingga meningkatkan kemampuan kognitif. Sangat banyak kan manfaatnya?

Ikan tongkol memang mengandung protein, lemak, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B12. Jika ingin memanfaatkan ikan tongkol sebagai penambah darah atau pencegah anemia. Anda bisa mengolah ikan tongkol dengan cara direbus, kemudian dimakan sekaligus dengan kuahnya.

Cara ini dilakukan agar kandungan gizi yang ada di dalam ikan tongkol tidak rusak. Biasanya jika digoreng, kandungan gizi di dalam ikan tongkol bisa ada yang hilang atau bahkan rusak. Untuk penyakit rematik, Anda bisa mengolah ikan tongkol dengan cara ditim atau direbus. Kemudian harus dikonsumsi setiap hari.

Ikan tongkol juga bisa dimanfaatkan sebagai pencegah ejakulasi dini. Pria yang mengalami ini harus mengonsumsi insane dari ikan tongkol secara teratur. Rebus ikan tongkol menggunakan dan jeruk purut dan garam. Kemudian air rebusan tersebut diminum.

Ikan tongkol biasa diolah dengan berbagai macam variasi seperti digoreng, direbus, dijadikan sup, balado, atau sebagai campuran makanan lain seperti nasi goreng dan mie goreng.

Anda bisa mencoba variasi resep dengan ikan tongkol lainnya, seperti sambal ikan tongkol suwir, ikan tongkol sambal matah, ikan tongkol rica-rica, ikan tongkol gulai, dan ikan tongkol sambal dabu-dabu.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari ikan tongkol, bagaimana jika kita mencoba buat sendiri resep ikan tongkol goreng tepung favorit. Selamat mencoba!

Resep Ikan Tongkol Goreng Tepung Praktis dan Lezat

Berikut resep ikan tongkol goreng tepung yang bisa dicoba.

Bahan utama:

450 gram ikan tongkol asap fillet, dipotong-potong.

Bahan perendam:

2 siung bawang putih, haluskan

125 ml air

1/4 sdt garam

Bahan pencelup:

100 gram tepung terigu

25 gram tepung beras

1/4 sdt merica bubuk

1 batang daun bawang, iris halus

1 sdt cabe bubuk

1/4 sdt kaldu ayam bubuk

1/4 sdt garam

200 ml air

Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat ikan tongkol goreng tepung:

1) Pertama, buat bahan perendam terlebih dahulu. Aduk seluruh bahan perendam dengan menggunakan air, bawang putih, dan garam.

2) Setelah jadi, rendam ikan tongkol asap di dalam bumbu perendam tersebut selama kurang lebih 15 menit.

3) Buat bahan pencelup dengan cara mengaduk rata tepung beras, tepung terigu, cabai bubuk, kaldu ayam bubuk, dan garam.

4) Setelah diaduk, masukkan air. Tambahkan daun bawang, kemudian aduk kembali hingga rata.

5) Tiriskan ikan tongkol asap. Celupkan ke dalam bahan pencelupnya.

6) Goreng ikan di dalam minyak yang telah dipanaskan di atas api sedang hingga matang

7) Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Sangat mudah dan praktis kan? Anda bisa menyajikan ikan tongkol goreng tepung menggunakan nasi putih dan sambal sesuai selera. Selain enak, makanan ini juga dapat diaplikasikan dengan berbagai hidangan lainnya. Selamat menikmati!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *