Mari Nikmati Gurihnya Ikan Asin Rica Rica

Siapa yang belum pernah makan ikan asin? Bukan orang Indonesia dong kalo begitu.. ūüėÄ . Yup, makanan ini sangat terkenal di Indonesia. Namun, pernahkah Anda mencicipi resep ikan asin bumbu rica-rica?

Resep rica-rica ikan asin ini dapat Anda buat bersama keluarga tercinta. Rasanya yang asin dan pedas pastinya membuat orang penasaran ingin mencicipi. Mari kita intip cara membuatnya.

Bahaya Ikan Asin

ikan-asin

Ikan Laut yang Baru Ditangkap – pixabay.com

 

Ikan asin ternyata tidak hanya populer di Indonesia. Di negara-negara maju dan berkembang permintaan terhadap ikan asin juga cukup tinggi terutama negara-negara Uni Eropa.

Tapi tahukah Anda? ternyata produksi ikan asin pertama adalah ikan kod asin dari negara Kanada, Islandia dan Norwegia sejak 500 tahun yang lalu.

Hal ini tidak mengherankan karena negara-negara ini adalah negara yang terkenal dengan bangsanya yang suka menjelajah samudra dan tentu saja para penjelajah ini membutuhkan makanan yang bisa awet dan tahan lama dalam perjalanan mengarungi samudra.

Di negara-negara Eropa ini pun ikan asin dikenali dengan banyak nama yang berbeda. Contohnya di Spanyol dikenal dengan nama bacalao, di Perancis dengan nama morue, di Italia dikenal dengan nama baccala, Skandinavia dengan nama klipfisk, Portugal dengan nama bacalhau dan nama-nama lain.

Namun siapa sangka di balik kepopuleran dan kenikmatan ikan asin ini terdapat bahaya yang bisa mengintai siapa saja yang rutin mengkonsumsi ikan ini.

dr. Selfiyanti B, SpTHT-KL, seorang spesialis THT dari RS Meilia Cibubur menjelaskan bahwa kita harus lebih berhati-hati jika terlalu sering mengkonsumsi ikan asin dengan nasi panas.

Jika terlalu sering mengkonsumsi ikan asin ancamannya adalah kanker nasofaring. Kanker nasofaring adalah kanker yang tumbuh pada nasofaring yaitu rongga yang berada di belakang hidung dan langit-langit mulut.

Penyebab dari kanker ini adalah karsinogen (zat pemicu kanker) yang bernama nitrosamin yang terdapat pada ikan asin. Nitrosamin ini terbentuk saat proses pengasinan dan penjemuran pada ikan asin dimana nitrit pada ikan bereaksi terhadap sinar matahari.

Sehingga ikan asin disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh anak-anak yang masih memiliki ketahanan dan kekebalan tubuh yang kurang.

Kabar baiknya adalah cabai (rica-rica) mengandung senyawa capsaicin yang dapat menetralisir kanker. Sehingga resep ikan asin rica-rica dapat Anda coba sekarang juga. Selamat mencoba!

Resep Ikan Asin Rica-Rica Lezat

Bagaimana jika ikan asin dimasak dengan bumbu rica-rica? Tentunya akan menghasilkan rasa yang dapat menggugah selera para pecinta kuliner. Penasaran ingin mencoba makanan yang satu ini? Berikut resep ikan asin rica-rica yang menggugah selera.

Bahan utama:

2 ekor ikan asin

Bahan untuk bumbu halus:

5 butir bawang merah

10 buah cabai merah keriting

10 lembar daun jeruk, iris halus

5 butir cabai rawit

1 genggam daun kemangi

1 sendok teh kaldu bubuk

2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

¬Ĺ sendok makan gula pasir

1 sendok teh garam

Langkah-langkah membuat ikan asin rica-rica:

1) Cuci dan bersihkan ikan asin.

2) Haluskan cabai rawit, cabai merah keriting, dan bawang merah.

3) Panaskan minyak goreng untuk menumis.

4) Tumis seluruh bumbu halus hingga tercium aroma harum.

5) Masukkan irisan daun jeruk, gula, garam, dan kaldu bubuk. Campur seluruhnya hingga rata.

6) Masukkan ikan asin ke dalam wajan.

7) Campur dan aduk agar ikan asin bisa tercampur dengan bumbu.

8) Masak hingga kering dan meresap.

9) Masukkan daun kemangi hingga daunnya layu.

10) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

11) Ikan asin rica-rica siap untuk dihidangkan.

Itu tadi resep ikan asin rica-rica. Cara memasaknya cukup mudah dan simpel, tidak jauh berbeda dengan jenis rica-rica lainnya. Jika Anda merasa kepedasan setelah mencicipi resep ini disarankan untuk segera minum yogurt untuk meredakan pedas atau bisa juga dengan meminum air hangat. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *