Mari Nikmati Resep Wader Crispy Rasa Kriuk-Kriuk

Jika Anda sedang mencari resep dengan rasa kriuk-kriuk selain dari ikan tongkol goreng tepung maka Anda bisa mencoba resep wader crispy kriuk-kriuk berikut ini.

Resep ini sangat praktis dan bermanfaat karena ikan wader mengandung zat besi yang sangat penting bagi kesehatan otot dan membantu dalam pembentukan hemoglobin. Penasaran seperti apa rasa kriuknya? Mari dibaca sampai tuntas.

Wader, Ikan Air Tawar Kerabat Ikan Mas

ikan-wader

Ikan Wader Bintik Dua – wikimedia.org

 

Ikan wader memang belum terkenal seperti kebanyakan ikan lain karena hanya terdapat di beberapa wilayah Indonesia. Wilayah penyebaran ikan ini terdapat di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Habitat ikan wader inipun terbatas di danau dan sungai-sungai.

Di Indonesia pemanfaatan ikan wader terbatas sebagai bahan makanan saja karena ikan ini jarang yang mengembangbiakkan. Ikan yang dikonsumsi biasanya berasal dari penangkapan dari alam liar seperti sungai dan danau.

Padahal di luar negeri selain sebagai ikan yang dikonsumsi ikan ini juga digunakan sebagai ikan hias seperti ikan mas.

Nah, berbicara tentang ikan mas, ikan ini masih kerabat dekat dengan ikan wader karena menurut klasifikasi ilmiah ikan mas dan ikan wader masuk dalam famili yang sama yaitu Cyprinidae.

Diperkirakan terdapat lebih dari seratus jenis wader dari belasan genus di seluruh dunia. Namun yang terkenal dari spesies wader ini antara lain wader pari dan wader bintik dua.

Wader pari mempunyai ciri berukuran panjang sekitar 10 – 20 cm, berwarna kuning keemasan di bagian atas dan putih perak di bagian bawah hampir mirip dengan ciri ikan mas. 😀

Sementara wader bintik dua memiliki ciri berukuran lebih kecil dari wader pari sekitar 5 – 12 cm, berwarna abu-abu kehijauan atau perak dan memiliki bintik dua di bagian belakang ekor dan di pangkal sirip belakang.

Saatnya kita ambil alat masak dan mempersiapkan bahan dan alat untuk membuat resep wader crispy kriuk-kriuk berikut ini. Selamat memasak!

 

Bahan dan cara membuat resep wader crispy kriuk-kriuk

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat wader crispy kriuk-kriuk. Jika Anda menginginkan cita rasa lain dari resep ini cobalah untuk menggunakan variasi sambal selain dari sambal bajak yang bisa Anda baca di artikel 10 variasi sambal dalam situs ikanricarica.com.

Bahan-bahan

1 kg wader

150 ml air

200 gram tepung terigu

2 sdm tepung maizena

1 sdm bawang putih bubuk

1/2 sdt merica bubuk

1 sdt garam

1 sdt baking powder

750 ml minyak goreng

Sambal bajak dan lalapan secukupnya

Bahan untuk bumbu halus

5 siung bawang putih

1/2 sdt ketumbar

Garam secukupnya

Cara membuat resep wader crispy

1. Larutkan air dengan bumbu yang dihaluskan, masukkan ikan wader kemudian diamkan dalam kulkas selama 1 jam.

2. Campur terigu, tepung maizena, bawang putih bubuk, merica, baking powder dan garam selanjutnya aduk hingga rata.

3. Ambil ikan wader yang ada dalam kulkas diamkan sebentar selanjutnya masukkan ikan ke dalam adonan tepung satu per satu dan aduk hingga rata.

4. Panaskan minyak goreng, hingga kuning kecoklatan kemudian angkat dan sajikan dengan sambal bajak dan lalapan.

Itulah cara membuat resep wader crispy yang kriuk-kriuk. Kelezatannya akan bertambah jika sambal bajak yang disajikan dalam keadaan matang baru dari tempat masak. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *