Nikmati Resep Olahan Tahu Rica Rica

Siapa yang tidak tahu dengan tahu? 😀 Makanan yang berasal dari fermentasi kedelai ini dapat dijadikan berbagai jenis makanan olahan dengan cara yang cukup mudah.

Di daerah tertentu makanan ini dipakai hanya sebagai pelengkap makanan utama. Namun ada pula yang mengolahnya sebagai menu utama yang tidak kalah enak. Salah satunya adalah resep tahu bumbu rica-rica.

Selain pengolahan yang mudah. Bahan-bahan untuk resep olahan tahu ini mudah didapatkan di pasar. Harganya juga cenderung stabil sehingga dapat menghemat anggaran keluarga Anda. Penasaran ingin mencicip? Mari kita coba buat yuk.

Manfaat Resep Tahu Bumbu Rica-Rica

olahan tahu bumbu rica rica

Tahu – cara.media

Tahu merupakan salah satu makanan yang berasal dari negeri Cina. Jenis makanan satu ini memiliki beragam nama di setiap daerah yang berbeda.

Tahu merupakan sumber protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan protein yang tinggi pada tahu dapat dimanfaatkan untuk menjauhkan dari segala macam penyakit.

Tahu dibuat dengan cara mengentalkan sari kedelai menggunakan garam mineral (biasanya kalsium sulfat) dan sari kedelai inilah yang membuat tahu kaya dengan manfaat kesehatan.

Tahu merupakan jenis makanan yang mudah ditemui di pasar dan banyak dipersiapkan di rumah-rumah. Tak kalah dengan tempe, produk pangan satu ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi terutama kandungan proteinnya.

Selain protein, tahu memiliki kandungan gizi lain seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, kalium, dan bermacam-macam vitamin seperti vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, nasin, dan asam folat.

Beberapa manfaat tahu bagi kesehatan antara lain rendah kolesterol, kandungan protein yang tinggi untuk mencegah asam urat, bermanfaat untuk kardiovaskular, sumber kalsium, dan mengandung banyak zat besi.

Tahu dapat mencegah penyakit jantung, meningkatkan produksi energi, bermanfaat untuk wanita menopause, membantu menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, dan membantu pasien diabetes yang mengalami masalah ginjal. Banyak sekali kan manfaat tahu?

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada tahu, kini saatnya Anda bereksperimen memasak tahu dengan olahan bumbu rica-rica.

Tahu juga cocok diolah menjadi masakan rica-rica. Selain enak, olahan tahu bumbu rica-rica juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung banyak protein.

Harganya pun terjangkau di kantong, jika dibandingkan dengan daging ayam atau ikan. Tahu bumbu rica-rica sangat cocok dijadikan sebagai menu sehari-hari bersama keluarga, baik pada pagi, siang, maupun malam hari.

Resep Olahan Tahu Bumbu Rica-Rica

Biasanya tahu memang sering dimasak dalam bentuk bacem atau goreng. Berikut resep olahan tahu bumbu rica-rica yang bisa Anda coba.

Bahan utama:

Tahu ½ kg, potong kotak 2 cm dan digoreng setengah matang

Jagung manis 100 gram, disisir

Daun bawang 2 batang, potong-potong

Daun jeruk 5 lembur, disobek-sobek

Garam ½ sendok teh

Kaldu instan, ½ sendok teh

Minyak untuk menumis secukupnya

Air 250 ml

Bahan bumbu halus:

6 butir bawang merah

3 buah cabai merah

Jahe 1 cm

Terasi ½ sendok teh

Langkah-langkah membuat Tahu Bumbu Rica-rica:

1) Langkah pertama, tumislah bumbu halus dan daun jeruk hingga tercium bau atau aroma yang harum.

2) Masukkan tahu, jagung manis, kaldu instan, serta daun bawang. Aduklah sampai benar-benar tercampur rata.

3) Tambahkan air dan garam. Kemudian aduk rata.

4) Sambil diaduk, pastikan bahwa bumbu benar-benar meresap.

5) Jika sudah matang, angkat makanan.

6) Sajikan tahu bumbu rica-rica selagi hangat

Itu tadi resep olahan tahu bumbu rica-rica yang bisa Anda coba. Mudah bukan? Rasanya pun tidak kalah dengan ikan rica-rica lainnya. Bumbu-bumbu di atas dapat diolah menjadi 4 porsi. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan cabai merah dengan jumlah yang lebih banyak sesuai dengan selera.

Sebaliknya bagi Anda yang tidak menyukai pedas, Anda bisa mengurangi jumlah cabai merah yang digunakan. Sajikan tahu bumbu rica-rica bersama dengan nasi hangat. Namun disajikan tanpa nasi juga tetap nikmat. Happy Cooking.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *