Nikmati Resep Sate Ikan Tuna Bumbu Pedas Manis

Anda tentunya sudah sering mencicipi sate kambing madura atau sate padang. Bahkan mungkin Anda sering juga membuat sendiri sate ayam ketika ada acara kumpul bareng keluarga atau kenalan. Kemudahan cara memasaknya menjadikan menu ini sangat pas untuk dijadikan santapan santai di malam hari.  Namun bagaimana jika kita mencoba sate ikan tuna pedas manis?

Sate ikan tuna pedas manis rasanya tidak kalah dengan sate daging kambing. Selain itu, daging ikan tuna juga sedikit kolesterol. Selain rasa yang enak, manfaat untuk kesehatan juga akan didapat jika mengkonsumsi sate ikan tuna. Penasaran? Mari kita intip.

Sate Ikan Tuna, Kenapa Tidak?

ikan-tuna-maknyos

Ikan Tuna Segar – imagestack.co

 

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang disukai oleh banyak orang. Hampir setiap daerah di Indonesia menyajikan masakan yang dibuat dari daging ini. Biasanya sate dibuat dari daging ayam atau kambing.

Dalam resep ini, Anda bisa mencoba membuat variasi dengan mengganti daging ayam atau kambing menjadi daging ikan tuna. Rasanya juga tak kalah enak dengan daging-daging lainnya.

Ikan tuna memang menjadi salah satu ikan yang banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Ikan tuna ini juga menjadi komoditi ekspor bagi dunia maritim kita. Negara yang paling banyak mengimpor ikan tuna dari Indonesia adalah Jepang.

Bagaimana tidak, ikan laut yang satu ini memiliki tekstur daging yang tebal dan tidak mudah hancur saat dimasak. Sehingga banyak orang yang menggunakan ikan tuna menjadi olahan masakan.

Tak hanya rasanya yang lezat, namun teksturnya yang padat juga cocok diolah dengan berbagai teknik masak. Orang Jepang saja suka dengan olahan mentah ikan tuna.

Ikan tuna juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh seperti sumber protein bagi tubuh, mencegah stroke, mencegah tekanan darah yang tinggi, menurunkan kadar trigliserida, baik untuk kesehatan jantung, mencegah obesitas, mencegah penyakit jantung, sumber vitamin B, mencegah kanker, dan sistem imunitas tubuh.

Ikan tuna mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin, kalori, karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan amino acid. Anda bisa memilih ikan tuna yang bebas dari merkuri dengan melihat ciri fisik dari warnanya.

Ikan tuna kuning memiliki kandungan merkuri yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan tuna berwarna putih. Bagi wanita yang sedang hamil, disarankan tidak mengonsumsi ikan tuna lebih dari 6 ons setiap minggunya.

Resep Sate Ikan Tuna Praktis

Berikut resep sate ikan tuna yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan utama:

500 gr daging ikan tuna segar

2 sendok teh air perasan jeruk nipis

3 sendok makan minyak untuk menumis

1 sendok teh garam

Bahan untuk bumbu halus:

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah cabai merah

3 butir kemiri

2 cm kunyit

3 cm jahe

1/2 sdt terasi

1 sdt garam

1/2 sdt merica halus

Langkah-langkah membuat sate ikan tuna bumbu pedas:

1) Bersihkan ikan tuna hingga bersih. Kemudian potong dadu sesuai dengan selera.

2) Lumuri ikan tuna yang telah dipotong-potong dengan garam dan air jeruk nipis, kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit.

3) Panaskan minyak goreng untuk menumis.

4) Tumis seluruh bumbu halus hingga matang dan tercium aroma wangi.

5) Masukkan daging ikan tuna yang telah direndam. Kemudian aduk sampai merata dan bumbu meresap.

6) Tusuk seluruh potongan daging tuna menggunakan tusuk sate.

7) Bakar sate ikan tuna menggunakan alat pemanggang.

8) Setelah matang, angkat sate ikan tuna dan letakkan pada piring.

9) Beri bumbu yang sudah diolah tadi di atas sate ikan tuna yang telah matang.

10) Sate ikan tuna siap disajikan.

Resep sate ikan tuna bumbu pedas manis di atas bisa Anda variasi lagi dengan cara menambahkan bumbu-bumbu yang sesuai dengan selera Anda. Misalnya saja untuk jumlah cabai, Anda bisa menambahkan atau mengurangi jumlah cabai sesuai dengan selera Anda.

Menu ini biasanya disajikan menggunakan nasi hangat, lontong, atau ketupat. Ditambah juga dengan irisan bawang merah dan acar yang akan menambah cita rasa menjadi semakin lezat dan gurih. Selamat mencoba 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *