Panduan Praktis Bikin Belut Goreng Sambal Rica-Rica Hijau

Satu lagi resep ikan air tawar lain yang dapat dicoba di rumah yaitu belut goreng sambal rica-rica hijau. Resep yang berbahan belut sawah ini dapat disajikan saat santai bersama keluarga.

Resep belut sambal ijo ini cukup praktis dengan menggunakan bahan yang simpel dan mudah dicari. Yuk, segera kita intip cara membuatnya.

Belut Sawah, Ikan Predator Rasa Gurih

Belut sawah - pixabay.com

Belut sawah – pixabay.com

 

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang cukup besar dan luas. Salah satu jenisnya adalah belut.

Belut yang ada di Indonesia terdiri dari 3 (tiga) jenis yaitu belut sawah, belut rawa dan belut mata sipit.

Belut adalah salah satu jenis ikan air tawar yang lebih senang hidup di dalam lumpur. Belut termasuk predator yang ganas di lingkungan sawah dan rawa-rawa. Sebagai hewan predator belut memangsa hewan-hewan kecil lain seperti ikan kecil, katak dan serangga.

Hewan ini mampu bernafas melalui udara bahkan menyerap oksigen lewat kulitnya. Belut dapat bertahan hidup selama berbulan-bulan dalam kondisi tanpa air seperti lumpur.

Ciri hewan ini tidak bersirip, tidak bersisik dan dari kulitnya mengeluarkan lendir sehingga sangat licin dan sulit ditangkap. Belut memiliki mata namun sangat kecil dan tidak berfungsi dengan baik karena hampir tertutup oleh kulitnya.

Belut merupakan jenis hewan hermaprodit yang dapat berubah kelamin saat beranjak dewasa. Belut muda berjenis kelamin betina sementara saat dewasa berubah menjadi jantan.

Belut dewasa mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Kandungan fosfor, zat besi, protein dan beberapa asam asimo lain ditemukan dalam belut.

Selain itu, belut juga mengandung asam glutamat yang cukup tinggi. Kandungan glutamat yang tinggi ini menyebabkan rasa belut menjadi gurih dan enak sehingga dalam memasaknya tidak perlu menambahkan MSG (Monosodium Glutamat).

Agar semua manfaat dan kandungan dari belut dapat terserap dengan baik oleh tubuh maka perlu pengolahan yang baik. Salah satunya adalah cara memasak belut.

Belut sangat kaya akan lemak sehingga disarankan untuk mengolah belut dengan cara dipanggang. Penggunaan minyak goreng dalam memasak belut justru akan menambah minyak dalam belut.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat minyak goreng yang rendah lemak dan bisa Anda gunakan untuk memasak resep belut goreng sambal rica-rica hijau berikut ini. Selamat mencoba!

 

Resep belut goreng sambal rica-rica hijau ekstra pedas

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat resep belut goreng sambal hijau ekstra pedas.

Bahan-bahan

1 kg belut, bersihkan

1 buah petai, belah menjadi 2 (dua) bagian

3 buah cabai hijau, iris-iris tipis

1 buah tomat hijau, buang isinya

1 sdt ketumbar bubuk

300 ml air

½ sdt garam

Minyak sayur secukupnya

Lada putih bubuk secukupnya

Gula pasir secukupnya

Bahan untuk tumbu tumbuk kasar

12 cabai merah keriting

1 buah tomat merah

10 butir bawang merah

Cara membuat belut goreng sambal rica-rica hijau

1. Cuci bersih belut dan berikan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.

2. Balur belut dengan garam dan diamkan selama 30 (tiga puluh) menit.

3. Panaskan minyak dan goreng belut hingga matang dan kering, angkat dan tiriskan.

4. Tumis bumbu yang ditumbuk kasar sampai aroma harum keluar.

5. Masukkan petai, cabai hijau dan tomat hijau, aduk hingga layu.

6. Tuang air putih dan aduk sampai mendidih.

7. Masukkan belut yang sudah digoreng tadi, aduk hingga merata.

8. Tambahkan gula pasir, garam, dan ketumbar bubuk dan jangan lupa lada putih bubuk, aduk sampai bumbu meresap dan matang.

9. Belut sambai rica-rica hijau siap untuk disajikan.

Itulah tadi resep belut goreng sambal rica-rica hijau ekstra pedas yang dapat Anda buat bersama keluarga tercinta. Bagaimana cukup mudah bukan cara membuatnya? Jika ingin merasakan sensasi yang lebih pedas bisa menambahkan jumlah cabai hijau menjadi 4 (empat) buah. Selamat menikmati!

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *