Panduan Praktis Membuat Ikan Nila Bumbu Rica-Rica

Anda sedang mencari resep rica-rica ikan nila? Kini Anda dapat membuatnya dengan panduan yang ada dalam artikel berikut.

Resep ini dapat Anda jadikan sebagai resep favorit keluarga karena kandungan gizi dan manfaat yang cukup tinggi dari ikan nila. Penasaran? Mari kita intip.

Prospek Budidaya Ikan Nila di Indonesia

Ikan Nila, Bergaris Vertikal Pada Ekor - wikimedia.org

Ikan Nila, Bergaris Vertikal Pada Ekor – wikimedia.org

 

Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang aslinya bukan dari Indonesia. Ya, ikan nila berasal dari Afrika. Ikan ini memiliki habitat asli yang berada di sungai Nil, Afrika Timur sehingga dinamakan Nile Tilapia (latin Oreochromis Niloticus).

Beberapa tahun kemudian setelah pertama kali ditemukan maka dengan campur tangan manusia dan teknologi hingga saat ini ikan nila dapat dibudidayakan dan menyebar di seluruh dunia mulai dari benua Afrika, Asia, Amerika, Eropa hingga Australia.

Ikan nila yang memiliki kerabat (genus) dengan ikan mujair adalah jenis ikan omnivora yang dapat hidup dalam segala kondisi air seperti air payau, air tawar bahkan air asin. Bahkan ikan nila mempunyai toleransi yang cukup tinggi terhadap perubahan iklim dan lingkungan.

Karena dapat hidup dalam segala kondisi air seperti ini maka teknik budidaya ikan ini pun sangat mudah baik itu dilakukan oleh skala rumahan maupun skala besar. Tempatnya pun bisa di kolam tanah, kolam tembok atau lainnya.

Saat ini di Indonesia pembudidayaan dan pembesaran ikan nila dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu monoculture (pemeliharaan tunggal) yaitu pemeliharaan ikan nila dalam satu kolam, polyculture (pemeliharaan dengan jenis ikan lain) dengan syarat ikan tersebut bukan merupakan predator dan pemeliharaan terpadu dengan unggas seperti ayam.

Dilihat dari prospeknya maka pembudidayaan ikan nila saat ini masih sangat menguntungkan. Pasarnya pun bahkan sampai ke mancanegara seperti Jepang dan Singapura terutama bagi ikan nila yang beratnya di atas 500 gram.

Kini saatnya Anda berkreasi dengan resep praktis ikan nila bumbu rica-rica. Selamat mencoba!

Resep Ikan Nila Rica Rica Praktis

Bumbu rica-rica yang pedas dan gurih khas Manado ini akan membalut ikan nila menjadi santapan yang bisa menambah nafsu makan Anda. Berikut resep ikan rica-rica nila yang bisa dicoba.

Bahan utama:

1 kg ikan nila

10 lembar daun jeruk purut, iris halus

1 ruas jari jahe, iris halus

3 lembar daun pandan, iris halus

4 buah tomat, iris kecil-kecil

7 batang serai, iris halus

½ sendok teh gula pasir

5 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

5 buah cabai rawit

10 buah cabai merah

3 siung bawang putih

8 butir bawang merah

1 sendok teh garam

Langkah-langkah membuat ikan rica-rica nila:

1) Bersihkan ikan nila hingga bersih.

2) Setelah bersih, lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

3) Campur ikan nila dengan bahan-bahan bumbu halus ditambah dengan jahe, daun pandan, daun jeruk, dan serai. Ambil 1/3 bagian dari bumbu.

4) Aduk seluruhnya hingga tercampur rata.

5) Panaskan minyak goreng untuk menumis.

6) Masukkan 2/3 bumbu sisa ditambah dengan tomat. Campur dan tumis seluruhnya hingga tercium aroma harum.

7) Masukkan ikan nila yang sudah diberi bumbu ke dalam wajan.

8) Campur dan siram-siram seluruh bumbu yang ada di dalam wajan pada ikan nila. Jangan lupa untuk membolak-balik ikan.

9) Masak hingga ikan matang dan bumbu meresap.

10) Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

11) Ikan rica-rica nila siap untuk disajikan.

Resep ikan rica-rica nila ini dapat menghasilkan empat porsi. Cukup mudah bukan cara membuatnya? Sajikan makanan ini selagi hangat bersama dengan nasi putih. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *