Panggang Ikan Bubara Bumbu Parape Rasa Pedas Manis

Resep panggang ikan bubara bumbu parape ini bisa Anda jadikan sebagai santapan makan malam Anda bersama keluarga tercinta.

Resep ini dapat menghasilkan energi yang cukup banyak yaitu 1.502 kkal untuk setiap sajian mengikuti panduan ini.

Resep ini juga dapat memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sekitar 103,6 gram untuk setiap sajian. Selain itu resep ini sangat bergizi karena mengandung amino yang terdapat dalam ikan untuk membantu meningkatkan detoksifikasi amonia. Penasaran dengan resepnya? Mari kita intip rame-rame ­čśÇ

Parape, Bumbu Khas Makassar

coto-makasar

Coto Makassar, salah satu resep khas Makassar – wikimedia.org

 

Mungkin kebanyakan dari pembaca masih terasa asing dengan nama parape. Nama atau istilah ini memang hanya terkenal di daerah Sulawesi khususnya Makassar.

Selain Padang, orang Makassar juga dianggap jago dalam hal masak-masak. Anda yang pernah mencicipi coto Makassar pasti paham mengapa mereka piawai dalam meracik masakan.

Jika membakar ikan mereka menggunakan bara api dari tempurung kelapa yang membara dengan suhu yang sangat tinggi. Dengan cara seperti ini maka ikan yang dihasilkan juga tidak akan gosong.

Mereka juga tidak akan membuang sisik ikan. Cara ini ternyata cukup efektif untuk memastikan bahwa ikan yang dimasak adalah benar-benar matang secara merata dan tetap lembab.

Mereka juga tidak akan melumuri ikan dengan bumbu, tidak seperti cara masak Jawa yang melumuri daging yang dibakar dengan bumbu, kecap dan rempah-rempah.

“Bumbu” yang dilumurkan terhadap daging ikan hanya berupa garam dan perasan jeruk nipis. Setelah itu mereka akan membakarnya saja hingga rasa yang dihasilkan benar-benar berasal dari tekstur daging ikan yang matang.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota Makassar cobalah untuk mencicipi rasa manis-pedas dari bumbu parape ini.

Bumbu parape memang memiliki cita rasa manis karena mengandung bahan berupa kecap manis dan gula merah dan sangat cocok apabila dipadankan dengan ikan bubara yang memiliki karakter daging lembut.

Namun jika belum bisa berkunjung kesana, bolehlah Anda untuk mencoba bereksperimen sendiri terhadap resep panggang ikan bubara bumbu parape berikut ini. Selamat mencoba!

 

Bahan dan cara membuat panggang ikan bubara bumbu parape

Berikut adalah bahan dan cara membuat ikan bubara bumbu parape rasa pedas manis.

Bahan-bahan

2 ekor ikan bubara ukuran sedang

2 siung bawang putih, cincang

50 ml kecap manis

25 ml air asam

3 sdm margarin

2 sdm minyak goreng

Bahan untuk bumbu halus

8 butir bawang merah

4 buah cabai merah

10 buah cabai rawit

1 sdt gula pasir

1 sdt gula merah, serut

1/2 sdt merica bubuk

Garam secukupnya

Cara membuat ikan bubara panggang bumbu parape

1. Bersihkan ikan bubara, lumuri dengan garam dan jeruk nipis kemudian digoreng.

2. Campur bawang putih, 25 ml kecap manis dan margarin kemudian aduk rata selanjutnya dilumurkan ke seluruh badan ikan dan dipanggang sambil dibolak-balik hingga matang.

3. Tumis bumbu untuk dihaluskan hingga tercium aroma harum kemudian masukkan sisa kecap dan air asam. Masak di atas api kecil hingga matang. Angkat.

4. Ikan bubara panggang bumbu parape siap untuk disajikan bersama tomat dan mentimun.

Bagaimana cukup praktis dan mudah bukan membuat resep ikan bubara bumbu parape. Biaya untuk membuat resep ini sangat terjangkau karena dibutuhkan hanya sekitar 25.000 rupiah untuk membuat resep ini. Jadi tunggu apalagi, segera racik resep panggang ikan bubara bumbu parape. Selamat mencicipi!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *