Resep Ayam Bawang Rasa Pedas yang Bikin Lidah Melet-Melet

Anda sedang mencari resep ayam bawang pedas? Kali ini Anda dapat membuat resep ayam bawang pedas dengan cara yang sederhana dan sangat cepat.

Resep ayam bawang pedas ini dapat disajikan dengan waktu kurang dari 15 (lima belas) menit saja. Rasa yang dihasilkan pun sangat berselera. Anda penasaran? Mari kita intip rahasia dapur mereka.

Bawang, Membuat Masakan jadi Berselera

Ini dia bahan yang pasti ada dalam setiap jenis masakan Indonesia. Saking terkenalnya bahan ini bahkan semua bagian dari tanaman ini bisa digunakan dalam setiap menu. Mulai dari bunga, batang (daun) hingga akarnya (umbi).

bawang-merah-putih

Bawang merah, bawang putih dan daun bawang – pixabay.com

 

Bawang adalah kelompok tanaman yang berupa umbi-umbian yang biasanya digunakan sebagai bahan rempah-rempah pada setiap jenis masakan.

Tanaman ini masuk dalam genus allium. Jenisnya ada bermacam-macam termasuk diantaranya adalah bawang bombay, bawang putih, bawang merah, bawang kucai, bawang daun dan bawang prei.

Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam bawang diantaranya adalah Vitamin C, Kalium, serat dan asam folat.

Beberapa kandungan gizi dan nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Diantaranya dapat menyembuhkan sakit maag, masuk angin, menurunkan kolesterol dan memperlancar pernafasan.

Akan tetapi bagi beberapa orang ada juga yang alergi terhadap bawang. Termasuk bawang putih dan bawang merah.

Gejala yang sering dialami oleh orang yang alergi terhadap bawang antara lain ruam kulit, kulit kemerahan, pembengkakan di sekitar mulut dan wajah bahkan sesak nafas.

Dalam penggunaannya biasanya bawang putih dihancurkan atau dikeprek terlebih dahulu sebelum ditumis, digoreng atau dirajang.

Cara ini biasa ditemukan dalam resep-resep nasi goreng, mie goreng dan lainnya. Dengan menggunakan cara ini maka aroma khas dari bawang putih akan keluar dan tentu saja hal ini bisa menambah selera makan kita.

Pengolahan bawang lain adalah dengan mengiris-iris tipis atau tebal tergantung resep sebelum mencampurnya dengan bahan-bahan lain.

Ada juga yang lebih suka menggunakan bawang (bawang merah) sebagai rempah yang digoreng kering dengan terlebih dahulu diiris-iris tipis atau tebal dengan biasanya menggunakan alat pengiris bawang yang banyak dijual di pasar dan mencampurnya dalam kuah soto, sup atau bubur ayam. Sedapnya.. 😀

Namun jika Anda ingin praktis Anda bisa menggunakan bubuk bawang putih dan bubuk bawang merah yang banyak dijual di supermarket seperti yang digunakan dalam resep ayam bawang pedas khas rica-rica berikut ini. Selain praktis, penggunaan bubuk bawang ini juga bisa mempercepat proses masak Anda.

Saatnya ambil alat masak Anda dan mari kita membuat resep ayam bawang pedas dengan menggunakan panduan berikut ini.

 

Resep ayam bawang pedas rasa mewek

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat resep ayam bawang pedas khas ikan rica-rica.

Bahan-bahan

3 potong dada ayam tanpa tulang, potong sesuai selera

3 sdm mentega

2 sdt bubuk bawang putih

1 sdt bubuk bawang merah

1 sdt garam

1 ½ sdm bubuk cabai

Cara membuat ayam bawang pedas rasa mewek

1. Panaskan mentega dengan kompor yang menggunakan api sedang.

2. Setelah meleleh masukkan daging ayam sambil ditaburi bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, garam dan bubuk cabai.

3. Tumis hingga 10 (sepuluh) menit sampai benar-benar matang tercium aroma harum.

4. Angkat dan sajikan.

Cukup mudah dan cepat bukan? Resep ayam bawang pedas rasa mewek ini bisa menjadi alternatif hidangan favorit Anda bersama keluarga tercinta.

Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih hot Anda bisa menambahkan beberapa potong cabai rawit yang telah diiris-iris dan menggorengnya bersama bumbu. Selamat menikmati!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *