Resep Cumi Bumbu Rica-Rica yang Menggoda Iman

Anda pecinta makanan laut atau seafood? Kalau begitu, Anda pasti tidak asing dengan menu yang satu ini, cumi-cumi bumbu rica-rica.

Makanan laut satu ini cukup banyak penggemarnya. Di balik tekstur dagingnya yang kenyal dan manis, tersimpan berbagai khasiat yang tak bisa diremehkan.

Tinta hitam cumi dapat berfungsi sebagai pelindung diri bagi hewan laut satu ini. Tinta tersebut juga memiliki khasiat yang lebih untuk kesehatan kita karena adanya kandungan gizi yang bersifat anti-angiogenic yang dikenal dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Mau tau cara buat cumi bumbu rica-rica? Mari kita intip.

Kandungan gizi dan manfaat cumi-cumi bagi kesehatan

cumi-bakar

Cumi Bakar khas Jepang – pixabay.com

 

Manfaat dan khasiat cumi bagi kesehatan kita antara lain adalah mengatasi tumor dengan cara diinjeksikan kepada penderita tumor.

Kemudian kandungan gizinya yang berupa mineral dan tembaga dikenal baik untuk pembentukan sel darah merah yang memiliki peranan penting dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu zat khusus dalam tinta cumi-cumi diketahui dapat mengaktifkan sel-sel darah putih yang berfungsi untuk memerangi kuman dalam tubuh manusia.

Perlu diketahui bahwa kadar lemak dalam daging cumi relatif rendah, hanya sekitar 7.5 gram per 100 gram bahan yang masing-masing terdiri dari 1.9 gram asam lemak jenuh, 2.7 gram asam lemak tidak jenuh tunggal, dan 2.1 gram asam lemak tidak jenuh ganda.

Mineral dalam cumi-cumi juga mampu menyehatkan sistem pencernaan manusia seperti lambung dan usus. Kandungan nutrisinya yang baik seperti protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B, dan yodium diklaim dapat memelihara kesehatan jantung.

Bahkan kabarnya cumi-cumi juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bekas cacar di kulit.

Cumi-cumi yang oleh orang Sulawesi Utara disebut suntung ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Sehingga kita dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan laut satu ini.

Pengolahannya pun mudah dan relatif fleksibel untuk dijadikan berbagai resep makanan yang menggugah selera.

Salah satunya adalah resep rica-rica cumi berikut ini yang dari bahannya saja sudah mudah untuk didapatkan dan cara membuatnya pun relatif praktis dan tidak memakan waktu.

Resep Cumi Rica-Rica Praktis

Bahan utama:

400 gr cumi tanpa kepala, potong cincin 2 cm, lalu potong-potong bagian bawahnya

5 lembar daun jeruk

3/4 sendok teh garam

10 buah cabai rawit merah

1 sendok teh gula pasir

100 ml air

4 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan untuk bumbu (tumbuk kasar):

8 butir bawang merah

2 siung bawang putih

6 buah cabai merah

1/2 buah tomat

Langkah-langkah membuat cumi bumbu rica-rica:

1) Panaskan wajan. Kemudian tuangkan minyak secukupnya untuk menumis.

2) Tumis seluruh bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum dan menjadi kering

3) Tambahkan gula lalu aduk sampai gula menjadi karamel

4) Masukkan daun jeruk, cumi, garam, dan cabai rawit. Aduk seluruhnya sampai cumi menjadi kaku.

5) Tuang air kemudian masak sampai air mengering

6) Rica-rica cumi sudah matang dan siap dihidangkan

Bagaimana? Cukup mudah bukan. Selain mudah, cita rasa cumi dan pedas sama-sama menjadi magnet tersendiri bagi para penikmat kuliner yang dapat memikat lewat aroma khas yang menggelitik hidung dan seketika membuat Anda ingin memuaskan hasrat lidah dan perut Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Jangan biarkan keluarga dan rekan hanya sekedar meneteskan liur dengan gambaran olahan cumi dalam saus pedas rica-rica yang begitu menggoda iman.

Langkah-langkah dalam resep ini cukup mudah diikuti dan memiliki resiko kegagalan yang rendah. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *