Resep Ikan Gabus Rica-Rica Empuk dan Bergizi

Mungkin di antara Anda sebagai pengunjung blog ini pernah mencicipi ikan gabus. Namun pernahkah Anda mencoba ikan gabus masak bumbu rica-rica? Pastinya empuk dan bernilai gizi tinggi.

Ikan Gabus merupakan salah satu ikan yang cukup sulit ditemukan di pasar. Ikan yang oleh orang Inggris disebut snakehead murrel (memang mirip ular sih kepalanya 😀 ) merupakan salah satu ikan predator.

Meski begitu, ikan ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan banyak manfaat serta khasiat dari daging ikan gabus ini. Ikan gabus banyak hidup di danau, rawa, sungai, maupun sawah. Ikan ini kaya akan kandungan gizi seperti albumin yang merupakan protein yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan pasca operasi atau melahirkan.

Kandungan gizi dalam ikan gabus

Ikan Gabus - wikimedia.org

Ikan Gabus – wikimedia.org

 

Kandungan gizi dalam ikan gabus sangat banyak. Diantaranya adalah albumin. Albumin dalam ikan gabus ini juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan anak dan menambah berat badan orang dengan HIV atau AIDS.

Selain protein albumin, ikan gabus juga memiliki banyak kandungan gizi lainnya seperti zinc, asam amino, lemak, dan trace elemen lain yang diperlukan bagi tubuh. Manfaat ikan gabus bagi kesehatan ini cukup banyak, di antaranya untuk membantu proses penyembuhan penyakit seperti hepatitis, TBC, infeksi paru, dan nephrotic.

Selain itu ikan gabus juga dapat meningkatkan kadar albumin dan daya tahan tubuh, membantu menghilangkan pembengkakan, memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak, dan ibu hamil dan membantu penyembuhan autisme.

Ikan gabus juga sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pasca operasi, mempercepat proses penyembuhan luka luar dalam dan sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating.

Banyak sekali kan manfaat dari daging ikan gabus bila dikonsumsi oleh kita? Kabar baiknya lagi, daging ikan gabus ini juga fleksibel untuk diolah ke dalam berbagai resep, salah satunya adalah resep rica-rica. Cita rasa pedas dan segar yang melumuri daging ikan gabus sungguh menggugah selera sejak awal dibayangkannya daging ikan dengan tekstur lembut dan rasa pedas yang segar.

Beli? Oh, jangankan beli. Anda pun bisa membuat sendiri di rumah dengan mengikuti resep rica-rica ikan gabus di bawah ini yang membutuhkan bahan-bahan masak yang mudah didapatkan dan memasaknya pun tidak memerlukan waktu yang lama alias proses pembuatannya terbilang cukup praktis.

Resep Ikan Gabus Bumbu Rica-Rica Sedap

Penasaran dengan cara membuatnya? Langsung saja simak bahan dan cara membuat rica-rica ikan gabus berikut ini.

Bahan utama:

2 ekor ikan gabus ukuran sedang

Bahan Bumbu:

1 sdt ketumbar

2 ruas jari kunyit

2 ruas jari jahe

1/4 sdt lada bubuk

garam secukupnya

minyak untuk menggoreng

Bahan sambal:

10 buah cabai rawit

5 buah cabai merah

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 buah tomat

Cara membuat:

1) Bersihkan ikan gabus. Buang kotoran, bagian sisik dan juga buang bagian kepalanya.

2) Belah punggung ikan dengan pisau yang tajam namun jangan sampai terputus. Setelah itu sisihkan.

3) Haluskan semua bahan bumbu untuk menggoreng ikan.

4) Lumuri ikan yang telah dibersihkan dengan bumbu yang telah dihaluskan.

5) Diamkan kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging ikan gabus.

6) Panaskan minyak dalam wajan. Goreng ikan yang telah dibumbui dan didiamkan selama setengah jam tadi hingga kuning keemasan. Sisihkan.

7) Dalam membuat sambal, iris kasar semua bahan sambal yang telah disiapkan.

8) Satukan dalam mangkuk, tambahkan 1 sendok makan minyak goreng lalu aduk rata. Setelah rata, diamkan selama 10 menit.

9) Panaskan wajan kembali, lalu masak sambal yang telah dicampur minyak. Jangan terlalu lama dalam memasak sambal, yang penting asal layu saja dan jangan lupa tambahkan garam.

10) Tuang saus rica-rica ke atas ikan gabus goreng yang telah disisihkan tadi. Sajikan ikan dengan sambalnya berserta lalapannya.

Praktis bukan? Anda dapat mencoba resep rica rica ikan gabus ini sebagai menu harian keluarga Anda. Jika ingin sensasi pedas yang lebih Anda dapat menambah jumlah cabai merah menjadi 7 (tujuh) buah. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *