Resep Ikan Kerapu Bakar Rica Rica yang Sehat Bergizi

Ikan kerapu merupakan idola para pemancing. šŸ˜€ Ya, hampir semua pemancingĀ di air laut kenal dengan ikan yang satu ini.

Jenisnya ada bermacam-macam namun yang paling sering diburu adalah jenis kerapu kertang. Kenapa? Beratnya bisa mencapai puluhan kilo.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pemancing jika berhasil strike sama ikan satu ini.Ā Ikan iniĀ memiliki tekstur daging yang empuk, karena itu ikanĀ ini dapat diolah menjadi berbagai macam menu mulai dari tim, asam manis, sop, pindang bahkan ikan kerapu bakar rica-rica. Penasaran ingin mencoba?

Manfaat dan Bahaya Ikan Kerapu yang Perlu Anda Ketahui

ikan-kerapu

Ikan Kerapu – pixabay.com

 

Ikan kerapu tergolong sebagai ikan yang dibanderol dengan harga cukup mahal bahkan lebih mahal dari kakap merah karena memiliki rasa yang lezat dengan tekstur lembut. Khasiat yang ada pada ikan ini juga sangat banyak. Tak heran jika ikan kerapu menjadi idola para pecinta kuliner.

Beberapa khasiat yang ada pada ikan kerapu yang paling dahsyat ialah dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan mencerdaskan otak. Selain itu, ikan kerapu juga bermanfaat sebagai antioksidan.

Ikan kerapu mengandung beberapa zat gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti asam amino, omega 3, taurin, vitamin B kompleks, dan selenium.

Ikan yang bernilai ekonomi tinggi ini memang baik dikonsumsi agar bisa menghindari risiko terkena serangan jantung. Namun walaupun bermanfaat, ikan kerapu juga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena mengandung merkuri yang cukup tinggi, sehingga bisa membahayakan tubuh.

Merkuri memiliki efek yang buruk bagi tubuh manusia, terutama untuk wanita yang sedang hamil. Merkuri bisa mengganggu perkembangan saraf pada janin, bayi, dan anak-anak. Sebaiknya konsumsi ikan kerapu secara wajar dan tidak berlebihan.

Ikan kerapu memiliki beberapa jenis, antara lain ikan kerapu batik, ikan kerapu kertang, ikan kerapu sunuk atau merah atau lodi, ikan kerapu lumpur, ikan kerapu macan, ikan kerapu muara, dan ikan kerapu tikus atau bebek.

Anda bisa mencoba salah satu resep yang diolah dari ikan kerapu, yaitu ikan kerapu bumbu rica-rica bakar. Biasanya rica-rica diolah menggunakan ayam, cumi, udang, tempe, atau tahu. Namun kali ini ikan kerapu bisa dijadikan salah satu variasi. Ingin mencoba? Berikut resep ikan kerapu bumbu rica-rica bakar yang bisa Anda coba.

Resep rica-rica ikan kerapu bakar sehat dan bergizi.

Anda dapat mencoba resep rica-rica ikan kerapu bakar dengan menggunakan panduan berikut ini.

Bahan-bahan:
1 ekor ikan kerapu

100 gram bawang merah

250 gram cabai merah keriting

1 buah tomat, iris dadu kecil

100 gram jahe

2 buah jeruk nipis

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir

200 ml minyak goreng

Langkah-langkah membuat ikan kerapu bumbu rica-rica:

1. Cuci dan bersihkan ikan kerapu. Potong dan beri sayatan sesuai dengan selera.

2. Lumuri ikan kerapu menggunakan air jeruk nipis dan garam. Kemudian diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.

3. Haluskan cabai merah, bawang merah, dan jahe.

4. Lumuri ikan kerapu dengan bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan 3 sendok makan minyak goreng, aduk semuanya hingga rata.

5. Siapkan pemanggang untuk membakar ikan kerapu.

6. Bakar ikan kerapu sambil sesekali diolesi dengan bumbu. Bakar hingga kedua sisi ikan matang.

7. Panaskan minyak goreng untuk menumis.

8. Tumis seluruh sisa bumbu halus hingga tercium aroma harum.

9. Tambahkan tomat, garam, dan gula. Masak seluruh bumbu hingga matang dan tomat layu.

10. Jika bumbu sudah matang, tuang seluruh bumbu pada ikan kerapu.

Itu tadi resep ikan kerapu bumbu rica-rica yang bisa Anda coba. Sajikan makanan ini selagi hangat bersama dengan nasi putih, sayur, dan bawang goreng. Resep ini bisa menghasilkan tiga porsi dalam sekali masak.

Sebagai saran, sebaiknya saat menggoreng ikan menggunakan api kecil atau sedang agar matangnya bisa rata dengan sempurna. Anda juga bisa membuat variasi resep ini dengan merubah beberapa bumbu-bumbu di atas. Anda bisa menambahkan atau mengurangi jumlah cabai, agar rasanya bisa lebih pedas atau sebaliknya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *