Resep Ikan Teri Rica-Rica yang Menggoyang Lidah

Siapa yang tidak kenal dengan ikan teri? Ikan mungil ini cukup populer di Indonesia karena rasanya yang renyah dan cukup menggoyang lidah.

Kali ini kita akan mencoba resep rica-rica dengan menggunakan ikan teri sebagai bahan dasarnya.

Resep ikan teri rica-rica ini cukup sederhana dan mudah. Anda bisa mencobanya sendiri saat santai atau bisa juga Anda sajikan sebagai menu sarapan keluarga Anda. Mari kita intip cara pembuatannya.

Ikan Teri, Kecil Mungil tapi Kaya Kalsium

Ikan Teri - wikipedia.org

Ikan Teri – wikipedia.org

 

Ikan teri adalah salah satu jenis dari ikan laut yang paling banyak penyebarannya di seluruh dunia. Ikan teri ini lebih banyak ditemukan di perairan atau air payau, muara dan teluk yang beriklim sedang.

Dengan kata lain mereka sangat jarang atau tidak ditemukan di perairan yang beriklim sangat dingin dan sangat hangat.

Ciri-ciri dari ikan ini adalah ukuran yang kecil dengan panjang tubuh sekitar 5 cm. Moncong tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua rahangnya.

Ikan ini dapat beradaptasi pada berbagai ragam salinitas atau kadar garam dari air laut.

Ikan ini penggunaannya sangat bervariasi di seluruh dunia. Di Italia, Malaysia dan Vietnam ikan ini dijadikan bahan dasar untuk saus ikan untuk bumbu masak yang sangat populer di sana.

Sementara di India, ikan teri segar yang sudah diasinkan akan digoreng terlebih dahulu dan kemudian dicampur dalam kari yang rasanya pedas.

Lain halnya di negara tetangga kita Jepang, Cina dan Korea ikan ini dijadikan sup yang lezat. Sementara di Indonesia penggunaannya sangat beragam.

Mulai dari bahan sambal, bahan perkedel, hingga campuran berbagai macam hidangan makanan seperti nasi goreng teri, dan lainnya.

Meski ikan ini berukuran sangat kecil, namun kandungan gizi dan nutrisi terutama kalsium pada ikan teri termasuk yang sangat tinggi. Perbandingannya adalah 100 gram ikan teri kering jumlah kalsiumnya sebanyak 2381 mg.

Sementara kandungan proteinnya dari 100 gram ikan teri kering akan diperoleh 68,7 gram kandungan protein. Cukup bergizi sehingga ikan ini sangat berguna untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteroporosis.

Kandungan kalsium yang terdapat pada ikan teri termasuk yang paling tahan dan tidak mudah larut dalam air.

Secara umum, kandungan gizi yang terdapat pada ikan teri digunakan untuk menambah asupan nutrisi bagi tubuh terutama protein, kalsium dan fosfor yang sangat berguna untuk menjaga kepadatan tulang.

Mempertimbangkan berbagai keunggulan ikan teri, maka sekarang mari kita coba resep teri dalam bumbu rica-rica yang dikombinasikan dengan sayuran kangkung di bawah ini.

Resep Ikan Teri Rica Rica

Berikut adalah resep rica rica ikan teri yang dapat Anda coba. Bahan utama, bahan bumbu dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

Bahan utama:

2 ikat kangkung, disiangi

2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya

25 gram ikan teri, diseduh, digoreng

½ sendok teh gula pasir

½ sendok teh air jeruk nipis

2 sendok makan minyak untuk menumis

2 sendok teh garam

100 ml air

Bahan bumbu halus:

6 butir bawang merah

8 buah cabai merah keriting

3 buah cabai rawit merah

1 buah tomat merah

Langkah-langkah membuat Rica-rica Ikan Teri Pedas:

1) Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum.

2) Masukkan kangkung, garam, gula dan air jeruk nipis. Aduk seluruhnya hingga rata.

3) Tuangkan air. Aduk semuanya sampai meresap.

4) Sajikan bumbu bersama teri goreng.

Mudah bukan dalam mengolah ikan teri? Selain mudah, kandungan gizi yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh membuat ikan teri menjadi menu andalan yang bisa diolah dengan mudah dan pasti rasanya nikmat. Happy cooking.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *