Resep Kentang Balado Pedas yang Bikin Jatuh Cinta

Resep kentang balado ini sangat istimewa bagi Anda yang ingin diet dan seorang vegetarian karena resep ini tidak menggunakan bahan daging, ikan dan telur seperti biasanya.

Resep kentang balado pedas ini juga menggunakan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan selain itu cara membuatnya pun cukup mudah. Anda pasti penasaran kan? Mari kita intip rahasia dapurnya.

Kentang, Keluarga Solanaceae yang Unik

kentang-goreng

Kentang yang digoreng – pixabay.com

 

Apa bayangan Anda pertama kali saat mendengar kata kentang? Kentang sangat populer digunakan sebagai cemilan di restoran-restoran cepat saji dalam bentuk stik yang dihidangkan bersama dengan saus sambal atau saus tomat.

Kentang, selain populer digunakan sebagai cemilan, umbi dari tanaman ini sering juga digunakan dalam campuran bahan makanan seperti sup atau olahan lain.

Kentang dalam genetika termasuk solanaceae dan masih satu famili dengan tembakau, kecubung, tomat-tomatan, terong-terongan dan bahkan cabe-cabean. 😀 Eh.. ini beneran loh, gak bohong. Bisa dicek langsung dari sumbernya melalui wikipedia.

Agak berbeda dan unik dengan keluarganya lain yang memanfaatkan buah dan bunga untuk diolah dan dimanfaatkan, kentang malah menggunakan umbi batangnya untuk diolah menjadi berbagai macam santapan lezat salah satunya resep kentang balado pedas ini.

Selain digunakan sebagai campuran bahan makanan, kentang juga sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah yang biasanya berupa masker.

Kentang, menurut sejarahnya berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di sekitar danau Titicaca, daerah perbatasan Peru dan Bolivia.

Di daerah asalnya Peru, terdapat sekitar 5000 (lima ribu) jenis kentang yang telah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk asli sebagai menu diet dan menu makanan sehari-hari mereka.

Penyebarannya di seluruh dunia lagi-lagi berkat para penjelajah Samudra yang berasal dari Spanyol dan Portugis, termasuk Christopher Columbus.

Dan, hingga saat ini penyebaran kentang telah mencapai seluruh dunia bahkan hingga luar angkasa, setelah pada tahun 1995 tanaman ini dibawa oleh pesawat Columbia untuk dicoba ditanam di luar angkasa.

Nah, saatnya kita bersiap-siap untuk membuat resep kentang balado pedas dengan mengikuti panduan berikut ini. Selamat mencoba.

Bahan dan Cara Membuat Kentang Balado Pedas

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat resep kentang balado pedas yang bikin jatuh cinta.

Bahan

500 gram kentang segar

2 sdt air asam jawa

½ sdt garam halus

3 lbr daun salam

3 cm lengkuas, memarkan

1 sdm gula pasir

Minyak goreng secukupnya

300 ml air

Bahan bumbu untuk dihaluskan

3 buah cabe merah besar

10 buah cabe rawit merah

3 butir bawang merah

2 siung bawang putih

3 butir kemiri

Cara membuat kentang balado pedas:

1. Bersihkan kentang, lalu kupas kulitnya dan kemudian dipotong dadu sesuai selera. Usahakan jangan terlalu kecil dan jangan pula terlalu besar.

2. Panaskan minyak goreng kemudian goreng kentang hingga lunak lalu angkat dan tiriskan.

3. Tumis bahan bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak goreng hingga tercium aroma harum.

4. Tambahkan daun salam dan lengkuas dan aduk hingga merata.

5. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil memasukan kentang yang sudah digoreng.

6. Aduk-aduk hingga kuah menyusut hampir habis dan selanjutnya tambahkan sisa bumbu asam jawa dan garam.

7. Aduk merata hingga matang dan sajikan.

8. Kentang balado pedas siap untuk dihidangkan.

Itulah resep kentang balado pedas khas ikan rica-rica yang bisa Anda buat bareng keluarga tercinta. Biasanya resep kentang balado pedas ini menggunakan bumbu penyedap rasa, akan tetapi dalam panduan ini mereka tidak menyertakannya.

Tapi tak mengapa, jika Anda suka bolehlah menambahkan penyedap rasa dalam resep ini sesuai selera. Selamat mencicipi!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *