Resep Udon Kuah Laksa Pedas Anti Gagal dan Praktis

Jika Anda masih asing dengan resep udon kuah laksa maka Anda tidak sendiri. 😀 Namun bagi Anda yang suka dengan resep dari negeri Matahari Terbit pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya udon.

Resep ini sangat terkenal di Jepang dan resep udon kuah laksa pedas dapat Anda jadikan hidangan ringan yang segar sesaat lagi. Cara bikinnya dijamin mudah dan anti gagal. Anda penasaran? Baca sampai tuntas.

Udon, Mie Tepung Gandum Asli Jepang

udon-kuah-laksa

Udon Jepang dengan Kecap Asin – wikimedia.org

 

Udon adalah makanan yang berasal dari Jepang. Bentuknya seperti mie namun lebih tebal dan berwarna putih. Bahan utama pembuat udon adalah tepung gandum atau tepung terigu.

Di restoran-restoran Jepang, udon biasanya disajikan dalam bentuk hidangan panas berkuah atau sup dengan bumbu yang ringan dan kecap asin.

Saat ini, di supermarket-supermarket ternama sudah menjual udon mentah dalam kemasan seperti mie dan disertai dengan bumbu pelengkap hingga sangat memudahkan bagi siapa saja yang ingin mencoba membuat sendiri resep udon kuah laksa di rumah.

Di daerah asalnya Jepang hidangan dengan bahan udon biasanya disajikan dalam beberapa jenis. Salah satunya adalah mie udon kuah, dimana mie udon dan kuah disajikan dalam satu mangkuk dan menggunakan beberapa bumbu.

Selanjutnya adalah kama age udon, dimana mie udon dan kuah dipisahkan dalam 2 (dua) mangkuk. Cara menyantapnya adalah dengan mencelupkan mie udon ke dalam kuah. Apa rasanya beda gitu dengan yang pertama?

Cara ketiga adalah bukkake udon, dimana mie udon direbus kemudian dibuang airnya dan mie udon dicampur dengan menggunakan kuah kental yang terbuat dari dashi kombu sejenis alga laut dan kecap asin.

Cara yang terakhir adalah nikomi udon, dimana cara ini hampir sama dengan cara yang pertama namun cara penyajian yang berbeda yaitu menggunakan mangkuk tanah liat yang dipanaskan kembali dan disantap dalam keadaan panas hingga mie terakhir.

Saat ini di restoran Jepang menu dengan menggunakan bahan udon harganya sudah terjangkau. Namun tak ada salahnya jika Anda mencoba sendiri resep udon kuah laksa pedas berikut ini. Selamat mencoba.

Resep udon kuah laksa pedas yang bikin lidah merinding

Resep udon kuah laksa pedas ini dapat menjadi alternatif hidangan pedas keluarga Anda.

Bahan utama:

150 gr udang jerbung

1 lbr daun salam

3 lbr daun jeruk, sobek-sobek 😀

1 btg serai, memarkan

2 cm jahe, memarkan

250 ml air kaldu

500 ml santan dari 1 ½ butir kelapa

1 sdt garam

1 sdm gula merah sisir

2 sdm minyak untuk menumis

50 gram mi udon, seduh air panas

4 sdm bawang goreng

3 buah jeruk nipis

Bahan untuk bumbu halus:

6 butir bawang merah

3 buah cabai merah besar

1 cm kunyit, dibakar

½ sdt ketumbar

2 butir kemiri, disangrai

1 cm lengkuas

1 sdt ebi, disangrai

Cara membuat udon kuah laksa pedas

1. Udang jerbung dibuang kepalanya kemudian kerat punggungnya.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan jahe hingga tercium aroma harum.

3. Tambahkan udang. Aduk hingga merata dan berubah warna.

4. Masukkan air kaldu dan santan. Aduk hingga mendidih.

5. Tambahkan gula dan garam. Aduk hingga merata dan diamkan sejenak.

6. Masukkan udon dan pelengkapnya serta tabur bawang goreng diatasnya.

7. Udon kuah laksa pedas siap disajikan.

Itulah tadi cara praktis bikin udon kuah laksa pedas. Gimana, caranya mudah bukan? Selain Anda bisa berhemat beberapa puluh ribu rupiah dengan membuat sendiri, Anda juga mendapatkan resep baru yang bisa Anda jadikan sebagai menu andalan keluarga. Selamat menikmati.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *