Sarden Masak Cabai dengan Cita Rasa Pedas namun Berselera

Anda suka makan sarden? Mungkin Anda tertarik mencoba resep ikan sarden masak cabai yang satu ini. Dari namanya saja bisa kita tebak rasanya ada pedas-pedasnya gitu. 😀

Apalagi jika menggunakan ikan sarden kaleng yang cukup praktis. Pastinya resep ini bisa menjadi alternatif hidangan dengan cara cepat yang bisa Anda sajikan bagi keluarga jauh atau tetangga dan teman yang datang bertamu ke rumah Anda.

Ikan Sarden, Makanan Kaleng Siap Saji

sarden

Sarden Kaleng – pixabay.com

 

Siapa yang tidak kenal dengan makanan olahan ikan sarden? Ikan sarden biasanya diolah dalam bentuk siap saji yang dikalengkan. Ikan sarden kaleng sangat terkenal dan populer di kalangan anak kost dan yang di perantauan.

Ikan sarden adalah jenis ikan laut yang berminyak dan berukuran relatif kecil. Nama sarden itu sendiri berasal dari nama sebuah pulau di Mediterania yang disebut pulau Sardinia dimana di tempat ini pernah ditemukan ikan dalam jumlah yang sangat besar.

Ikan sarden adalah jenis ikan zona pelagik yang tidak berada dalam rantai makanan yang tinggi sehingga sangat jarang terkontaminasi dibandingkan dengan ikan zona pelagik lain seperti tuna.

Di pabrik pengalengan ikan sarden, ikan sarden yang ditangkap kemudian dibuang kepalanya dan ikan dimasak atau dipanaskan. Proses pemanasan biasanya dipanaskan dalam kaleng dengan uap panas atau dengan minyak panas kemudian direndam dalam campuran minyak dan diberi bumbu.

Cara umum dalam menyiapkan ikan sarden kaleng cukup mudah. Anda tinggal menuangkan dalam panci penggorengan kemudian panaskan sebentar dan ikan sarden siap disantap.

Namun bagi beberapa orang pengolahan seperti ini terlalu mainstream. Sehingga ada yang mengolahnya dengan mencampurnya dengan beberapa pelengkap seperti telur goreng atau telur asin.

Anda juga dapat mengolahnya dengan menggunakan bumbu lain seperti bumbu cabai yang terasa pedasnya.

Namun Anda sebaiknya lebih berhati-hati jika mengkonsumsi terlalu banyak ikan sarden. Ikan sarden mengandung banyak kandungan purin.

Purin dalam tubuh akan memecah menjadi asam urat. Dalam kadar yang tinggi, asam urat dapat mengganggu kerja ginjal.

Pada beberapa kasus, sarden juga menyebabkan alergi pada beberapa orang. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menemukan tyramine, serotonin, typtamine, phenylethylamine dan histamin dalam ikan sarden.

Beberapa senyawa organik yang disebutkan di atas dapat menyebabkan reaksi alergi seperti penyempitan otot-otot usus, peningkatan denyut jantung, sakit kepala dan penyempitan pembuluh darah.

Saatnya kita menyiapkan alat-alat masak dan bahan-bahan untuk mencoba mencicipi sarden masak cabai berikut ini. Selamat mencoba.

Resep ikan sarden masak cabai pedas

Berikut bahan utama dan cara pembuatan ikan sarden masak cabai rasa pedas yang praktis.

Bahan utama

1 kaleng sarden (ukuran 300 gram), buang airnya

2 buah cabai rawit, iris halus

½ buah bawang bombay, cincang kasar

2 buah cabai hijau keriting, cincang kasar

100 gram saus tomat

¼ sdt garam

¼ sdt gula pasir

1 sdm minyak goreng untuk menumis

100 ml air

Cara membuat sarden masak cabai bercita rasa pedas

1. Siapkan ikan sarden kaleng dengan terlebih dahulu membuang airnya.

2. Panaskan minyak, masukkan bawang bombay, cabai hijau dan cabai rawit kemudian tumis hingga tercium aroma harum.

3. Masukkan saus tomat, garam, gula pasir dan air kemudian aduk hingga merata.

4. Masukkan sarden dan masak hingga matang.

5. Sarden masak cabai siap disajikan.

Demikian cara pembuatan ikan sarden masak cabai pedas. Anda dapat menambahkan kerupuk dan makanan pelengkap lain sebagai penambah cita rasa sarden. Selamat makan!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *