Tips dalam Memilih dan Merawat Lemari Es Agar Berfungsi Baik

Ikan laut, ikan air tawar, daging dan beberapa bahan makanan olahan lain seperti tahu, tempe, bakso dan sayur-sayuran akan sangat mudah membusuk jika tidak disimpan di tempat yang baik.

Mengapa? Karena bahan-bahan makanan ini sangat sensitif perubahan suhu, temperatur dan zat-zat yang berada di dalam udara. Proses oksidasi yang terjadi di udara akan mempercepat proses pembusukan ikan, daging dan beberapa jenis makanan tersebut.

Agar bahan makanan ini dapat bertahan lama setelah dibeli maka diperlukan tempat penyimpanan yang baik dan bisa menjaga kualitas dari bahan makanan tersebut.

Kulkas atau lemari pendingin atau lemari es adalah salah satu alat yang dapat melakukan hal itu.

Selain bisa menjaga kualitas dari bahan-bahan makanan yang tersebut di atas, lemari es juga dapat melakukan penghematan yang luar biasa pada pengeluaran harian Anda.

Panduan berikut ini bisa Anda gunakan dalam memilih dan merawat lemari es agar bisa digunakan dengan sempurna.

Jangan salah dalam memilih dan membeli lemari es !

air-dingin

Es yang berasal dari lemari es – pixabay.com

 

Anda bisa melihat beberapa pertimbangan berikut sebelum membeli lemari es.

Pertimbangan kapasitas

Kapasitas atau volume dari lemari es perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli atau mengganti lemari es yang ada di rumah.

Jika keluarga Anda kurang dari 4 (empat) orang dalam rumah dengan catatan 2 (dua) orang anak masih di bawah usia 10 (sepuluh) tahun maka bolehlah Anda pilih lemari es dengan lemari satu pintu.

Jika lebih dari itu silahkan Anda upgrade ke 2 (dua) pintu atau yang lebih besar.

Pertimbangan ukuran 

Ukuran lemari es juga berkaitan dengan kapasitas atau volume di atas. Namun dalam hal ini lebih dipertimbangkan pada estetika ruangan dapur Anda.

Ruangan dapur Anda akan terasa sempit jika diisi dengan lemari es ukuran super jumbo. Sedangkan untuk ukuran dapur yang cukup kecil dan minimalis abis maka Anda bisa menggunakan lemari es portable. Akan tetapi lemari es jenis ini tidak bisa menyimpan bahan makanan untuk seminggu 😀

Pertimbangan fitur kulkas

Teknologi yang sangat maju dan berkembang membuat alat-alat elektronik sekarang semakin banyak fitur.

Tidak perlu berharap lemari es yang memiliki USB Player atau layar touchscreen, yang jelas lihat fitur yang memang sangat diperlukan dalam keluarga Anda.

Jika keluarga Anda (suami dan istri) merupakan pekerja urban yang sangat aktif pilihlah lemari es yang mudah dan praktis untuk digunakan. Contoh misalnya lemari es yang mempunyai fitur untuk mengambil air dingin langsung dari front-door (pintu depan lemari es) atau beberapa fitur lain yang ada.

Pertimbangan energi

Energi sangat berpengaruh pada pengeluaran rutin bulanan yang ada dalam tagihan listrik!

Jika Anda teliti, Anda bisa memilih lemari es yang memiliki fitur digital inverter yang dipercaya sangat efisien dalam pemakaian energi.

Beberapa fitur lain yang berpengaruh pada penggunaan energi adalah defrost. Namun, jika Anda masih ragu bisa langsung tanyakan kepada petugas jaga 😀

Pertimbangan budget

Bagi Anda yang punya budget lebih dan ekstra segera lewati pertimbangan budget ini karena kalo bicara tentang budget tentu harus dibicarakan berdua bersama pasangan. Jangan sampai kulkasnya harga segini, dompet segitu 😛

Harga terendah untuk lemari es berada di level 1.300.000 rupiah untuk kapasitas 60 liter. Sementara harga tertinggi berada di kisaran 35 – 40 juta dengan kapasitas 722 liter! Hmm..

Fitur yang canggih dengan desain yang keren tentunya mempunyai konsekuensi pada harga yang selangit. Untuk itu pintar-pintarlah dalam memilih lemari es yang sesuai dengan dana Anda.

Pertimbangan kebersihan

Kebersihan lemari es tentunya menjadi hal yang sangat vital. Betapa tidak, di dalam lemari es tersimpan bahan-bahan yang nantinya akan Anda makan!

Lemari es yang baik, haruslah memiliki fitur yang mempermudah pemilik untuk membersihkan wadah dari kotoran-kotoran yang menempel.

Pilihlah lemari es yang memiliki wadah yang mudah untuk dibongkar-pasang.

Pertimbangan after sales service dan garansi

Anda tentunya tidak ingin barang ke-mahal-an yang dibeli belum sampai sebulan sudah rusak dan tempat service-nya jauh atau bahkan tidak ada. Kecuali jika suami Anda seorang teknisi boleh untuk melewati pertimbangan ini 😀

Tips merawat lemari es agar berfungsi sempurna

Jika Anda memiliki lemari es yang masih baru maka ketepatan dalam cara merawat lemari es tentunya sangat dibutuhkan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar lemari es Anda tetap berfungsi dengan sempurna.

Gunakan sesuai panduan

Sebelum memulai menggunakan barang-barang elektronik pastikan untuk membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu.

Hal ini dimaksudkan agar pembeli tidak salah dalam mengoperasikan barang tersebut. Bacalah hal-hal sederhana tentang tegangan yang diperlukan, pembagian tempat atau wadah sayur atau daging, letak saklar defrost dan lain-lain.

Jika Anda bisa melewati tahap ini dengan baik maka niscaya lemari es Anda bisa awet dan berfungsi dengan sempurna.

Buat jadwal pembersihan secara rutin

Pembersihan secara rutin juga sangat ampuh untuk menjaga alat-alat atau barang dari kerusakan.

Berikan jadwal sendiri untuk membersihkan lemari es. Akan tetapi jika ada kotoran atau air yang tumpah dalam lemari es segera dibersihkan, jangan sampai masih menunggu jadwal pembersihan.

Sesuaikan suhu dari lemari es

Suhu yang ideal untuk lemari es adalah 2 (dua) – 4 (empat) derajat Celcius sedangkan untuk freezer adalah – 20 (dua puluh) derajat Celcius. Pengaturan suhu ini berpengaruh lagi-lagi pada tagihan listrik!

Namun, Anda tidak perlu risau dengan hal ini karena jika Anda melakukan hal-hal tersebut maka bisa dipastikan lemari es Anda akan tahan lama dan bisa berfungsi dengan sempurna.

 

Itulah beberapa tips untuk memilih dan merawat lemari pendingin agar bisa awet dan berfungsi dengan sempurna. Selamat mencoba.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *