Tips Memilih dan Merawat Panci Set Agar Tetap Seperti Baru

Panci sebagai peralatan dapur yang sering digunakan untuk memasak resep ikan rica rica tentunya harus selalu diberikan perhatian yang lebih dari alat dapur yang lain.

Apalagi bagi kaum urban yang selalu ingin praktis dalam persiapan, pengolahan maupun penyajian makanan.

Kadang panci yang baru beberapa bulan dibeli sudah rusak di bagian gagang atau pegangan bahkan ada yang tidak bisa dipergunakan karena bocor.

Sehingga pemilihan dan perawatan panci yang benar sangat diperlukan dalam menyajikan hidangan bumbu rica-rica dalam rumah Anda.

Tips Memilih dan Merawat Panci

panci-stainless-steel

Panci dari Bahan Baja Anti Karat – pixabay.com

 

Beberapa hal berikut bisa menjadi perhatian Anda dalam memilih dan merawat panci.

Ukuran panci

Sepintas hal ini terkesan sepele namun ternyata dari pengalaman beberapa orang bahwa ukuran panci yang digunakan untuk memasak bisa mempengaruhi cita rasa masakan yang dibuat.

Untuk dapat mengatasi hal ini, jika Anda punya budget lebih cobalah untuk memilih membeli panci set yang biasanya terdiri dari 5 – 7 buah panci dengan ukuran yang bervariasi sesuai kebutuhan memasak Anda.

Sehingga Anda dengan mudah bisa menyesuaikan jenis masakan atau menu yang ingin Anda buat dengan panci yang Anda gunakan untuk memasak, menumis atau merebus.

Pemilihan ukuran panci yang tepat juga berpengaruh pada ketepatan dan kecepatan durasi waktu memasak.

Bahan yang digunakan untuk panci

Kemajuan teknologi saat ini telah merevolusi pengalaman masak dapur Anda.

Jika dulu kita hanya mengenal panci yang terbuat dari bahan aluminium kini telah muncul panci-panci yang terbuat dari bahan-bahan yang anti karat, anti lengket, cepat menghantar panas, mudah dibersihkan dan beberapa kelebihan lain.

Bahan yang terbuat dari stainless steel atau baja anti karat cukup bagus terutama karena bahan ini tidak bereaksi terhadap bahan makanan yang dimasak, anti gores dan mudah dibersihkan dibandingkan dengan yang berbahan aluminium atau tembaga.

Namun lagi-lagi jika ada kelebihan maka ada kekurangan. Kekurangan dari bahan baja anti karat adalah bahan ini memiliki penghantar panas yang rendah sehingga kadang hidangan mudah gosong dan panas yang tidak merata.

Ada juga bahan panci yang terbuat dari kaca. Kaca yang telah diproses dengan teknologi ini dapat bertahan pada suhu masak yang cukup tinggi.

Kelebihan dari panci ini adalah tidak akan berkarat dan tidak bereaksi terhadap bahan-bahan asam yang ada dalam masakan. Namun jika tidak digunakan sesuai anjuran pemakaian maka bahan sebagus apapun akan rusak pada waktunya.

Sama halnya dengan panci kaca, panci yang terbuat dari bahan lapisan keramik juga memiliki keunggulan tidak akan berkarat namun karena tingginya teknologi yang dipakai maka bahan ini masih agak mahal jika dibandingkan dengan bahan stainless steel, tembaga atau aluminium.

Dan hal ini juga tetap berujung ke budget karena semakin tinggi teknologi dan fitur yang ada dalam suatu barang dalam hal ini panci maka semakin mahal juga harga yang harus kita bayar. 😀

Untuk itu diperlukan pertimbangan dalam hal memilih panci. Sesuaikan dengan budget Anda dan keluarga dan alangkah lebih baik untuk membicarakan dengan pasangan dalam memilih peralatan dapur yang akan digunakan.

Tips Merawat Panci Agar Tahan Lama dan Tetap Berfungsi dengan Baik

Dalam hal perawatan peralatan dapur dalam hal ini panci ada 3 (tiga) hal yang perlu menjadi perhatian antara lain

Penggunaan panci

Gunakan panci yang sesuai dengan kebutuhan masak dan menu yang ingin Anda olah. Jika Anda ingin merebus daging dalam jumlah banyak maka gunakan panci yang sesuai ukurannya.

Kebersihan setelah penggunaan

Usahakan setelah menggunakan panci untuk selalu membersihkan terlebih dahulu sebelum menyimpannya.

Namun yang perlu diingat di sini adalah hindari merendam panci yang berbahan anti lengket (teflon) dengan air dingin jika panci tersebut masih dalam kondisi panas karena hal ini akan merusak lapisan anti lengket yang terdapat dalam panci.

Disarankan untuk membersihkan panci setelah 1 (satu) jam setelah masak dengan menggunakan spons agar lapisan anti lengket dalam panci tidak tergores.

Penyimpanan panci

Setelah mencuci panci dan melapnya sampai bersih pastikan kembali panci tersebut memang benar-benar kering.

Jika panci tersebut tidak dalam kondisi kering saat disimpan maka air yang tersisa dalam panci akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan panci lama kelamaan akan berkarat.

Demikian beberapa tips memilih dan merawat panci agar tetap awet dan tahan lama dalam penggunaan. Semoga dengan menggunakan beberapa tips ini resep sup dan rica-rica Anda semakin lezat. Aamiin.

 

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *